[Resensi] Chicken Soup for the Teenage Soul


Seperti yang sudah ku janjikan di postingan sebelumnya, aku akan menulis review alias resensi dari buku Chicken Soup for the Teenage Soul yang menjadi salah satu buku favoritku. Sebelumnya aku perlu bilang ini ga akan seperti resensi pada umumnya yang isinya tulisan semua, jadi kalian bisa menarik nafas lega :) Dengan harapan semoga kalian ga mabok bacanya

Di rumah sebenarnya aku punya dua macem buku Chicken Soup for the Soul, yang satu isinya kayak komik (beneran komik deng) dan satu lagi isinya tulisan semua, tapi ada beberapa gambarnya kok. Yang terakhir aku belinya sejak tiga tahun lalu. Kalau ga salah waktu itu awal-awal kelas satu SMA dan pulangnya kita kehujanan. Oke, itu informasi yang ga penting banget, jadi lupakan saja. Anggap aku tidak pernah mengatakannya....
Nahh, biar keliatan formal kayak anak sekolahan yang lagi ngerjain tugas bahasa Indonesia kita langsung saja, cekidot!



Cover depannya kayak gini,
keseringan dipinjem temen jadi udah kelihatan (agak) mengenaskan

Identitas

Judul Buku   : Chicken Soup for the Teenage Soul
Penulis          : Jack Canfield, Mark Victor Hansen, dan Kimberly Kirberger
Penerbit        : PT. Gramedia Pustaka Utama
Kota terbit    : Jakarta
Tahun terbit  : Januari 2012, cetakan ke dua puluh satu
Alih bahasa   : Femmy Syahrani
Tebal buku    : xx + 282 halaman
Harga            : Rp 51.500,-

Halaman awal yang berhasil bikin penasaran orang buat nge-baca isi bukunya


Lihat deh halaman persembahannya

Sinopsis

"Masa remaja adalah salah satu masa tersulit dalam hidupmu, sekaligus masa paling menyenangkan. Kamu menghadapi begitu banyak perubahan yang kadang-kadang memusingkan dan memberatkan hati. Sekarang ada yang bisa membantumu! Chicken Soup for the Teenage Soul adalah buku pedoman untuk bisa mengatasi masalah dan meraih sukses dalam masa-masa yang menyenangkan ini, tanpa mengesampingkan kewarasan dan rasa humormu.
Kamu dapat menambah pengalaman dan belajar dari kisah-kisah dalam buku ini, tanpa merasa dikritik atau dinilai. Dengan menampilkan sumbangan dari para bintang remaja dan banyak remaja sepertimu, buku ini memuat pelajaran tentang: sifat persahabatan dan cinta kasih; pentingnya keyakinan pada masa depan; nilai rasa hormat pada dirimu sendiri dan orang lain;  dan menghadapi masalah sulit seperti kematian, bunuh diri, dan kehilangan pacar. Kisah-kisah mengasyikan dalam kumpulan ini antara lain "Ciuman Pertamaku dan Ciuman Berikutnya," "Perubahan dalam Hidup," " Penggali Kubur di SMP Perkview," dan "Hari Tanpa Rambut."
Chicken Soup for the Teenage Soul ini akan menjadi sahabatmu; yang mengerti perasaanmu, yang ada saat kamu membutuhkannya, dan membangkitkan semangatmu saat segala sesuatunya teras buruk dan menyakitkan."


Cover belakang

Kalau kalian perhatikan sinopsis di atas sebenarnya ku salin penuh dari cover belakangnya, karena memang begitulah sinopsisnya. Kebetulan buku ini ga kayak novel yang setiap sub-bab nya saling berkaitan. Alias setiap ganti judul, ceritanya juga udah ganti...

Jadi kalau kalian tetap ingin aku  menceritakan sinopsis buku ini dengan bahasaku sendiri, maka aku akan menjawab: Buku Chicken Soup for the Teenage ini menceritakan:
  • Tentang pacaran
  • Tentang persahabatan
  • Tentang keluarga
  • Tentang cinta dan kebaikan
  • Tentang pembelajaran'
  • Masalah sulit
  • Melakukan sesuatu yang berarti, dan
  • Meraih cita-cita

Daftar isinya kayak gini (1)


Daftar isinya kayak gini (2)
Semoga kalian ga salah fokus ke bagian tengahnya, maklum udah jelek banget, wkwk


Daftar isinya kayak gini (3)


Macam atau Jenis Buku

Hmm... bisa dibilang buku ini sejenis buku psikologi rasa novel dengan taburan meisis di atasnya.
krik.... krik...

Kenapa aku bilang gitu?
Karena buku ini menceritakan kisah nyata (berarti non fiksi yaa) tentang kejadianseru yang mereka alami di kehidupan remaja mereka. Dan saat membacanya kisah-kisah itu mengalir begitu saja seperti saat membaca novel, dan kisahnya berhasil membuatku dan temen-temenku yang baca buku ini tertawa, menangis, merenung, hingga termotivasi dan merasa jauh lebih baik.


Keunggulan Buku

Ini nihh yang akan jadi poin utama di resensi. Orang kalau mau baca apalagi beli (sebuah atau beberapa) buku pasti punya alasan, terus apa sih yang jadi keunggulan buku ini?

Pertama, buku ini enak dibaca.

Dari segi gaya bahasa, pemilihan kata dan kalimatnya tuh ga aneh-aneh. Mudah dipahami dan bahasanya tuh ngalir gitu aja, kayak kalau kita lagi dengerin orang curhat.

Kedua, kisah-kisahnya "wow"

Ini adalah keunggulan utamanya. Tapi aku agak spechless deh ngejelasin gimana amazing nya kisah-kisah pengalaman orang yang dituliskan di buku ini. Bener-bener bikin kita ketawa, nangis terharu, bahkan termotivasi kayak orang yang baru dapet hidayah gitu.

Temen-temenku suka banget pinjem buku ini, bahkan kadang sampe dipinjem oleh temennya temenku ._. Jadi sekalinya aku bawa ini ke sekolah seringnya berminggu-minggu kemudian baru pulang ke rumah

Nihh buat kalian aku kasih intip sedikit isi bukunya yaaa...

Bagian awal yang judulnya "Sayap yang patah"

Yang ini "Hari tanpa rambut"


Ketiga, di dalemnya ada selingan komik


Nihh contoh selingan komiknya

Keempat, bukunya ringan

Iya, ringan dalam artian ga berat buat dibawa-bawa. Dan ringan karena bahasanya menurutku ga berat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPKB UI

UN Jujur, Siapa Takut?